- August 10, 2018

Garam chlorinators, alias sistem kolam air asin, sangat populer hari ini dan memang demikian. Tidak ada cara yang lebih baik atau lebih murah untuk menjaga kolam Anda tetap bersih. Unit modern memiliki sirkuit canggih yang membutuhkan sangat sedikit pengawasan dan semua-dalam-semua cukup dapat diandalkan. Kebanyakan pergi selama bertahun-tahun hanya dengan membersihkan sel sesekali. Ketika mereka berhenti bekerja namun, pemilik kolam sering membutuhkan bantuan dalam menentukan sumber kegagalan dan artikel ini ditulis dengan pemikiran itu.

Jika Anda memeriksa kimia air Anda secara teratur, tanda pertama masalah mungkin adalah tidak adanya klorin di dalam air. Jika tampilan sistem garam Anda tampak normal, hal pertama yang perlu diperiksa lebih lanjut adalah air; telah memeriksakan fosfat dan memastikan bahwa asam sianurat (stabilisator) sesuai. Fosfat adalah masalah yang lebih umum dari sebelumnya; mungkin karena pola cuaca yang tidak biasa. Jika diperlukan, beli perawatan PhosFree dan dapatkan bacaan di bawah 100 PPB.

Jika Anda tidak memeriksa kimia air Anda secara teratur, tanda pertama masalah mungkin adalah ganggang di area kolam yang dangkal. Apakah generator bekerja atau tidak, Anda mungkin perlu memperlakukan kolam segera dengan granular shock dan algaecide untuk mencegah mekar alga berskala penuh. Selalu lebih murah untuk menyerang ganggang lebih awal dan agresif daripada menunggu. Dalam cuaca hangat, ia tumbuh dengan cepat.

Setelah menghilangkan kemungkinan yang dijelaskan di atas, saatnya untuk melihat lebih dekat pada sistem chlorinator garam. Jika unit benar-benar gelap tanpa tanda-tanda kehidupan, periksa sumber listrik dan pastikan bahwa itu mendapatkan kekuatan. Idealnya, periksa sumber dengan voltmeter. Jika tegangan yang tepat menuju ke unit, periksa untuk melihat apakah unit kontrol chlorinator memiliki tombol reset atau sekering internal. Ini melindungi unit terhadap yang singkat di dalam sel. Hanya butuh sedikit rumput atau bola rambut untuk dipasang sebentar di antara lempeng titanium untuk menggerakkan tombol reset atau meniup sekring. Jika sel berkulit dengan kalsium dan lempengnya dijembatani, ini jelas masalahnya. Bersihkan sel, ganti sekering, dan Anda harus pergi.

Jika kontrol tampak berfungsi normal, saatnya untuk memeriksa apakah sel menghasilkan gas klorin. Jika unit Anda memiliki tubuh sel yang jernih, Anda dapat mengamati sel saat bekerja dan jika Anda melihat kabut yang keluar dari pelat, ia berfungsi. Jika kabutnya minim, selnya bisa aus. Sebagian besar merek memiliki sel yang bertahan sekitar 8.000 jam dan beberapa merek memiliki sel yang dibuat hingga 15.000 jam terakhir. Dengan menggunakan riwayat Anda berjam-jam setiap hari, Anda dapat melakukan perhitungan dan menentukan apakah sel hanya pada akhir hidupnya. Jika Anda pernah membersihkan sel dengan larutan asam yang terlalu kuat atau jika Anda pernah membuat kesalahan dengan membiarkannya berendam terlalu lama, semua taruhan akan mati dan Anda mungkin akan menghadapi kegagalan sel awal. Keluarkan kartu Visa lama. Beberapa toko biliar memiliki perangkat yang menguji sel garam tetapi banyak teknisi meragukan validitas mesin ini. (Kegagalan sel = Komisi)

Jika sistem garam Anda memiliki badan sel buram, satu-satunya cara untuk menguji aktivitas adalah menangkap air yang keluar dari jet di kolam dan mengujinya untuk klorin. Gunakan botol coke kosong atau semacamnya, pegang jempol Anda di atas lubang, dan pegang dengan jet kembali. Cobalah untuk tidak membiarkan sampel terlalu encer dengan air dari sisa kolam. Jika sistem Anda berfungsi, Anda akan melihat perbedaan dalam tingkat klorin dalam sampel ini vs. pembacaan yang dilakukan di sudut jauh kolam.

Dalam beberapa kasus, sistem garam berkinerja sebagaimana mestinya tetapi layar memberi pembacaan yang salah untuk salinitas dan / atau suhu. Biasanya, ini adalah tanda bahwa sirkuit kalibrasi telah dikompromikan oleh lonjakan listrik. Banyak unit dapat dikalibrasi ulang di situs oleh pemilik rumah. Periksa manual pemilik Anda atau periksa Google untuk instruksi kalibrasi untuk model Anda. Jika layar atau lampu peringatan Anda menunjukkan masalah "gangguan air" atau "aliran air", periksa untuk melihat bahwa air mengalir secara bebas melalui sel generator. Jika air mengalir, Anda mungkin memiliki saklar aliran yang buruk. Sebagian besar unit memiliki saklar aliran terpisah tetapi beberapa memiliki fungsi ini dibangun ke dalam sel. Pada beberapa kasus, indikasi gangguan air dapat terjadi jika kalibrasi yang disebutkan di atas secara drastis tidak aktif. Dalam semua kasus, periksa dengan seksama hubungan listrik antara sel dan kontrol dan antara saklar aliran (jika ada) dan kontrol. Koneksi ini harus bersih, kencang, dan kering. Seringkali, amplas kecil di terminal-terminal ini dapat mengembalikan sistem mati ke kehidupan.

Bahkan jika Anda tidak dapat menghidupkan generator Anda, melalui langkah-langkah ini akan mempersiapkan Anda untuk panggilan telepon ke teknisi pabrik. Sebagian besar produsen mengharapkan installer mereka untuk menangani masalah tetapi jika Anda mencoba, Anda biasanya dapat berbicara dengan salah satu teknisi mereka dan mendapatkan bantuan mereka. Seperti yang lainnya, klorinator garam tidak terlalu rumit setelah Anda memahami cara kerjanya.

Terima kasih sudah membaca dan selamat berenang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *